Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Go down

Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by qbeatchz on Wed Nov 26 2008, 21:02

Jakarta, Tribun - Bank Indonesia secara resmi akan mencabut empat pecahan uang kertas mulai 31 Desember 2008, demikian siaran pers BI di Jakarta, Rabu (26/11)

Keempat uang kertas tersebut adalah Rp10.000 yang diterbitkan pada 1998 dengan gambar muka Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien, Rp20.000 tahun terbit 1998 dengan gambar muka Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara.

Kemudian, uang kertas Rp50.000 terbitan 1999 dengan gambar muka Pahlawan Nasional WR. Soepratman dan Rp100.000 terbitan 1999 dengan gambar muka Pahlawan Proklamator Dr. Ir. Soekarno dan Dr. H. Mohammad Hatta yang berbahan polymer.

"Dengan pencabutan dan penarikan uang rupiah dari peredaran, terhitung mulai tanggal 31 Desember 2008, empat pecahan uang tersebut tidak berlaku lagi sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender)," kata Deputi Gubernur BI Bidang Pengedaran Uang S Budi Rochadi, dalam siaran persnya.

Namun, menurut dia, masyarakat yang masih memegang uang pecahan tersebut dapat melakukan penukaran dengan uang rupiah pecahan yang sama atau pecahan lainnya yang masih berlaku di kantor-kantor Bank Indonesia atau bank umum terdekat.

Untuk bank umum, batas waktu penukaran hingga 30 Desember 2013 atau 5 (lima) tahun sejak pencabutan dan penarikan uang tersebut. Sementara untuk penukaran di BI dapat dilakukan hingga 30 Desember 2018 atau selama 10 (sepuluh) tahun sejak tanggal pencabutan.

"Bank Indonesia secara rutin melakukan pencabutan dan penarikan uang rupiah. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan antara lain masa edar yang cukup lama dan perkembangan teknologi unsur pengaman (security features) pada uang," katanya.(*)

Laporan: kompas.com / tribun-timur.com


Terakhir diubah oleh qbeatchz tanggal Thu Nov 27 2008, 11:19, total 1 kali diubah
avatar
qbeatchz
Wakil Camat
Wakil Camat

Male Jumlah posting : 1114
Age : 32
Lokasi : MAKASSAR
Reputasi : 0
Nilai : 3480
Registration date : 23.08.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by JAY32 on Thu Nov 27 2008, 10:01

Nah terus yang masih nyimpen uangkayak getoo mo di kemanain brur?
soalnya aku juga masih punya beberapa lembar yang polymer ntuh?
apa harus di tuker dulu di BI?jauh donk

makacih infonya ntar kalo ada yang kasih kayak getoo gak mau ah Siiip!
avatar
JAY32
Calon Walikota
Calon Walikota

Male Jumlah posting : 2164
Age : 29
Lokasi : system32
Reputasi : 0
Nilai : 3573
Registration date : 11.06.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by qbeatchz on Thu Nov 27 2008, 11:18

JAY32 wrote:Nah terus yang masih nyimpen uangkayak getoo mo di kemanain brur?
soalnya aku juga masih punya beberapa lembar yang polymer ntuh?
apa harus di tuker dulu di BI?jauh donk

baca ini He3x...

masyarakat yang masih memegang uang pecahan tersebut dapat melakukan penukaran dengan uang rupiah pecahan yang sama atau pecahan lainnya yang masih berlaku di kantor-kantor Bank Indonesia atau bank umum terdekat.

Untuk bank umum, batas waktu penukaran hingga 30 Desember 2013 atau 5 (lima) tahun sejak pencabutan dan penarikan uang tersebut. Sementara untuk penukaran di BI dapat dilakukan hingga 30 Desember 2018 atau selama 10 (sepuluh) tahun sejak tanggal pencabutan.
avatar
qbeatchz
Wakil Camat
Wakil Camat

Male Jumlah posting : 1114
Age : 32
Lokasi : MAKASSAR
Reputasi : 0
Nilai : 3480
Registration date : 23.08.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by JAY32 on Thu Nov 27 2008, 11:42

Jah Matee
bener dah apa harus ganti kacamata baru nieh ya malu...
wuh ternyata jeda waktu antara penarikan dengan tanggal kadaluarsa penukeran lama amat ya?
mungkin karna uang yang kemaren udah beredar sampai pelosok indonesia kali ya
avatar
JAY32
Calon Walikota
Calon Walikota

Male Jumlah posting : 2164
Age : 29
Lokasi : system32
Reputasi : 0
Nilai : 3573
Registration date : 11.06.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by BlueBoy on Thu Nov 27 2008, 12:58

seneng Betul Banget,emang penukaran uang memiliki jangka waktu yang lama,karena pastinya peredaran uang dah nyampe ke pelosok" desa bahkan hutan.
Kalau penarikan dilakukan secara singkat,kasihan dong orang" yang tinggalnya dipelosok desa ma hutan belum tentu tahu akan kabar penarikan uang ini.
Mungkin itu juga alasan pemerintah memberi jangka waktu yang lumayan lama seneng
avatar
BlueBoy
Ajudan Walikota
Ajudan Walikota

Male Jumlah posting : 1607
Age : 30
Lokasi : Jogja Next to Porjo
Reputasi : 0
Nilai : 3572
Registration date : 16.05.08

Lihat profil user http://putra-putrablogs.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by p3p3 on Thu Nov 27 2008, 19:59

tenang aja w mah seneng
orang ga punya duit juga wew!!
avatar
p3p3
Wakil Walikota
Wakil Walikota

Male Jumlah posting : 1768
Age : 27
Lokasi : Indonesia
Reputasi : 0
Nilai : 3666
Registration date : 25.02.08

Lihat profil user http://www.friendster.com/aficionado

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by ambo on Fri Nov 28 2008, 09:15

owwh sudah tidak berlaku ya uang yang Polimer itu, Terimakasih Infonya
avatar
ambo
Hansip
Hansip

Male Jumlah posting : 72
Age : 33
Lokasi : Sulsel
Reputasi : 0
Nilai : 3382
Registration date : 22.11.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by Trikosta on Fri Nov 28 2008, 18:32

waduh..nnti gw ngcek ny klo udh gajian aj d malu...
tp blm dpt krja,, huhuhu
thx Au ah!!
avatar
Trikosta
Hansip
Hansip

Male Jumlah posting : 87
Age : 31
Lokasi : Ruang terbuka
Reputasi : 0
Nilai : 3477
Registration date : 19.08.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by Meong on Fri Nov 28 2008, 21:48

thanks infonya pak Siiip!

...Bank Indonesia secara rutin melakukan pencabutan dan penarikan uang rupiah. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan antara lain masa edar yang cukup lama dan perkembangan teknologi unsur pengaman pada uang...

sip....
good jOb bi
seneng
avatar
Meong
Calon Walikota
Calon Walikota

Male Jumlah posting : 2353
Age : 24
Lokasi : tempat nYang jauh dari plasa. mall. waRnet. hotspot. acces pOint. tuKang VCD bajakan dll
Reputasi : 0
Nilai : 3552
Registration date : 08.06.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by gtr. on Tue Dec 16 2008, 00:06

buruan dsimpen dah wat koleksi ntar seneng
avatar
gtr.
Calon Camat
Calon Camat

Male Jumlah posting : 1207
Age : 33
Lokasi : recycle bin
Reputasi : 0
Nilai : 3447
Registration date : 18.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by kafein on Tue Dec 16 2008, 15:45

seneng Thx gw Lihat berita diTV tpi selewat jdi kurang jelas...
jdi jeLas deh hehe...

He3x...
avatar
kafein
Ketua RW
Ketua RW

Male Jumlah posting : 637
Age : 33
Reputasi : 0
Nilai : 3546
Registration date : 12.06.08

Lihat profil user httP://kafein4u.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Empat Uang Kertas Ditarik dari Peredaran

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik